Monday, September 17, 2007

Seri Cerita Antah Berantah : Puasa dan Pergantian Musim di Jepang

Kalau pas puasa gini, jadi inget hubungannya sama musim di Jepang.Koq bisa begitu? Karena, menurut musim panjangnya siang dan malam berubah-ubah.

Untuk waktu siang yang paling pendek adalah pada waktu musim dingin. Paling ekstrim adalah subuh dimulai jam 5.45 am sampai jam 7.00 am, dan maghrib mulai jam 4.15 pm. Bisa dibayangin pada waktu itu jam 7 pagi kalau di Indonesia seperti jam 5 Pagi, matahari masih tampak kemerahan di ufuk timur.

Dan kebalikannya waktu siang terpanjang adalah musim panas, musim panas sendiri mempunyai 2 fase. Yang pertama adalah musim panas awal, pada matahari muncul lebih cepat, sebagai ukuran paling ekstrim, subuh dimulai jam 2.30 am sampai jam 3.20 am. Dan fase kedua adalah musim panas pertengahan, pada waktu ini malam lebih lambat, waktu ter ekstrim adalah maghrib mulai jam 8.15 pm.

Dari uraian diatas, klo mau cari waktu puasa terpendek adalah waktu musim dingin. Dan apabila ingin pahala yang banyak, berkaitan dengan lamanya waktu puasa, adalah pada waktu musim panas.

Saat ini disini sedang musim gugur, jadi waktu sahur dan berbuka, hampir seperti indonesia, cuman bedanya ga bisa sahur pake nasi pecel di perempatan tulungrejo.

===================
yudhi yoga
puasa '07 hari ke 5
menjelang waktu tidur pagi

No comments: