Friday, September 21, 2007

Seri Cerita Antah Berantah : Perayaan "Adult Day" (SeiJin Siki)

Sebelum membahas tentang Perayaan adult day, alangkah baiknya kita mengerti dulu yang dimaksud "adult" atau kalau bahasa jawanya "wes gede".

Di Jepang seseorang disebut "adult" kalau sudah berusia 20 tahun (kalau di Negara kita mungkin 18 tahun ya). Jadi kalau seseorang masih dibawah umur 20 tahun disebut anak2 (bahasa jepangnya : kodomo, inget merk produk apa ya...?). Sudah pasti, klo sudah menjadi adult berarti boleh melakukan "hal-hal" yang selain adult dilarang melakukannya.

Dinegara Jepang ini, tahap orang memasuki usia 20 merupakan hal yang sangat istimewa, bukan 17 tahun seperti di kebanyakan negara. Saking istimewanya, usia 20 tahun sendiri memiliki nama khusus yaitu "hatachi" ( aselinya bahasa jepangnya 20 tahun sendiri adalah : nijyuu sai).



Bahkan pemerintah sendiri, memberi hadiah pakaian khas Jepang (kimono) kepada mereka yang baru menginjak usia 20 tahun, disamping pemberian dari orang tua mereka sendiri. ( perlu diketahui harga kimono standar sekitar 5 - 10 juta rupiah).

Nah, sampai pada pembahasan intinya. Lebih-lebih saking istimewanya usia 20 tahun ini, pemerintah sendiri juga menetapkan 1 hari khusus dalam rangka memperingati mereka yang baru menginjak usia 20 tahun, yaitu "adult day" atau "seijin siki" kalau dalam bahasa jepangnya.

Di hari "istimewa" tersebut, pada awal mulanya diselengarakan perayaan dan karnaval yang diikuti oleh anak-anak muda disini. Namun pada akhirnya dihentikan, dan digantikan dengan acara di ruangan tertutup.

Lho koq....nah ini yang menarik, kata temanku orang sini, dia juga merasa malu sebagai orang jepang kalau tiba pada hari tersebut.

Kenapa koq bisa begitu, karena hari itu memang memalukan, meskipun pemerintah sudah melarang diadakannya perayaan, namun setelah acara diruangan tertutup tersebut, mereka (para 20th-an) mengadakan karnaval sendiri dan diakhiri dengan minum-minum bir / sake, hingga mabuk dan kadang melakukan tindakan kekerasan.( karena orang mabuk khan ga inget apa2 lagi).

Sehingga, saat ini, kalau tiba pada "adult day" bisa disaksikan di Televisi jepang bentrok antara polisi jepang dan peserta karnaval tersebut. Dan rata-rata penyebab bentrok tersebut bukan karena hasil minum-minum, namun karena polisi membawa lari drum sake / bir yang akan dipakai pesta tersebut dan dikejar-kejar oleh peserta karnaval. Untungnya di negara kita ga ada yang seperti itu..mungkin akibatnya bisa bertambah parah..

=====
yudhi yoga
puasa hari ke-9
belom makan nasi buka puasa

No comments: