Sunday, September 23, 2007

Kisah Kereta Api di Negeri Sakura

Transportasi dijepang sangat tergantung sekali dengan kereta api. Karena dianggap praktis dan efisiennya, sehingga pemerintah mengoptimalkan salah satu jenis transportasi ini. Hampir seluruh wilayah Jepang bisa dijangkau dengan kereta api. Perusahaan kereta api pemerintah Jepang namanya JR (Japan Railway), disamping banyak juga perusahaan kereta swasta yang membuka rute khusus, biasanya ke daerah wisata.

Dijepang dikenal berbagai macam jenis 3 kereta api menurut supplay tenaganya. Yaitu : Kereta api uap ( Kisha ),Kereta api listrik ( Densha ) dan yang paling baru Kereta api Hidro. Di Indonesia yang ada hanya kereta api Uap yang jarak tempuhnya Jakarta surabaya, dan kereta api listrik disekitar wilayah Jabotabek dan sekitarnya.

Dan menurut kemampuannya (jarak tempuh dan kecepatannya) :Kereta Api Ekonomi (ressya), Kereta Api Ekonomi Special ( tokkai), Kereta api Ekspres (kyuukou), Kereta api Cepat ( tokkyuu), Kereta Api bawah tanah (chikatetsu), Kereta Api super Ekspress( shinkansen), kereta api monorel.

Saya coba jelaskan secara singkat satu-persatu menurut sepengertian saya.

1. Kereta Api Ekonomi (ressya), Kereta Api Ekonomi Special ( tokkai)

Bentuk kereta ini, kurang lebih seperti KRL kelas eksekutif, yang beroperasi di Jakarta. bedanya antara Special dan biasa hanya jarak tempuhnya, kalau special lebih jauh dari yang biasa, hingga menghubungkan antar propinsi. Kalau indonesia bisa-lah disamakan dengan kereta ekonomi. Namun rata-rata disini pake Listrik semua.

2. Kereta api Ekspres (kyuukou)

Kereta ini hampir sama dengan ekonomi, namun hanya bisa dijumpai di kota-kota besar (tokyo, osaka), bedanya dengan ekonomi di stasiun kecil tidak berhenti.

3. Kereta api Cepat ( tokkyuu)

Kereta jenis ini memiliki jarah tempuk antar propinsi dan kecepatannya lebih cepat dari kereta api biasa. Dan tidak berhenti distasiun-stasiun kecil.

4. Kereta Api bawah tanah (chikatetsu)

Nah ini salah satu kehebatan teknik kontruksi di jepang, cikatetsu letaknya di kedalaman 50 meter lebih dibawah tanah, kadang hingga bertingkat-tingkat jalurnya. biasanya mengubungkan antar kota yang jalurnya padat seperti di kota besar. harga tiketnya 2x lebih mahal dibandingkan dengan kereta biasa.



5. Kereta Api super Ekspress( shinkansen)

Jenis kereta api ini memiliki kecepatan super cepat, suara bising-nya seperti pesawat, apalagi kalau masuk terowongan, telinga bisa sakit seperti ketika naik pesawat terbang. Kereta ini memiliki jarak tempuh antar propinsi, dan menurut kecepatannya dibedakan lagi jenisnya. kecepata minimal kereta ini sekitar 250Km/Jam, dan yang paling cepat hingga 500Km/Jam (kalau ga salah inget2 lupa). Namun memang kecepatan berbanding lurus dengan harganya, kalau ingin naik kerta ini minimal harga tiketnya sekitar Rp.1 juta



6. kereta api monorel

Kereta jenis ini memiliki bentuk roda seperti bis, dan jalurnya juga bukan rel namun seperti jalan aspal, namun yang membedakan dengan mobil adalah letak jalurnya khusus dan berada di ketinggian. Kereta jenis ini biasanya dikelola oleh swasta dan memiliki rute khusus misalkan di daerah wisata.



Kecanggihan dan macam-macam kereta api ini, kadang kala juga banyak penyalahgunaannya, diantaranya adalah :

1. Memanfaatkan kondisi berdesak-desakan kereta (terutama didaerah tokyo), untuk (maaf) meraba-raba daerah sensitif wanita, jadi untuk mbak2 yang bermaksud jalan2 naik kereta di tokyo harap berhati-hati. Sampai-sampai saking susahnya di basmi kejahatan seperti itu pemerintah akhirnya membuat gerbong khusus buat wanita, bisa dikenali dengan warna khas gerbongnya : pink dengan motif bunga-bunga.

2. Bunuh diri, nah cara bunuh diri dengan menabrakkan diri ke kereta yang melintas salah satu cara paling efisien dan cepat.

So..pengen menikmati wisata kereta api di jepang....asal jangan dipakai untuk 2 hal diatas saja ya.hehehe

-------------------------
@melekan, nunggu sahur

1 comment:

raravebles said...

Waa.. jadi pengen nyobain shinkansen..

Sedih ya kalo bandingin sm perkeretaapian di indonesia..

btw salam kenal, saya dapat link ini dari milis pareku..