Thursday, September 06, 2007

Otsukaresama

===========

"Otsukaresama" salah satu kata yang paling sering diucapkan oleh orang jepang. Artinya sendiri dalam bahasa indonesia mungkin yang paling mendekati, meskipun belum tepat, adalah "terima kasih atas susah payah-nya".

"Otsukaresama" jika dilihat dari artinya, ucapan tersebut diberikan kepada orang yang telah bekerja, berusaha, baik untuk dirinya sendiri, kita ataupun orang lain. Dengan kata lain ungkapan penghargaan kepada orang yang telah menggunakan tenaganya untuk berusaha melakukan suatu hal.

"Otsukaresama" adalah ucapan yang terdiri dari 3 kata. Kalau ditelaah dari arti per katanya "o" menambah tingkat kesopanan kata setelahnya. "tsukare", lelah, capek. "sama" sebutan terhormat kepada seseorang. Jadi di tinjau dari segi perasaan, ucapan tersebut diberikan memang untuk menghormati, kelelahan-nya / berkurangnya tenaga seseorang akibat dari bekerja atau berusaha.

"Otsukaresama", memang kadang-kadang diucapkan seseorang tidak lebih dari basa-basi (perlu tahu aja budaya jepang hampir mirip dengan jawa kalau dalam sopan santun dalam bicara) meskipun basa-basi mulut, namun orang yang menerimanya akan merasa sangat dihargai dan dihormati.

"Otsukaresama", tema artikel ini muncul di benak saya ketika menonton iklan di tipi jepang yang menerangkan falsafah ucapan tersebut.


yudhi yoga

=========

ditengah badai no.9

musim gugur 2008

No comments: