Tuesday, September 04, 2007

Perayaan Obon

Disaat Musim panas, Jepang yang kaya akan budaya ini (seperti indonesia) dan terutama banyak pengaruh budaya dari tetangganya (Cina), dapat dijumpai berbagai macam festival. Tiap daerah memiliki ciri khas sendiri dalam kegiatan maupun festifal yang dirayakannya.

Salah satunya adalah Perayaan Obon. Obon salah satu perayaan yang dapat dijumpai di banyak tempat di jepang pada musim panas. Perayaan ini asalnya dari agama budha, dan juga dirayakan di china.

Bon ( huruf "o" untuk menyebutkan kata dalam bentuk sopan) sendiri artinya adalah Lampion. Perayaan ini bertujuan untuk menyambut arwah keluarga mereka yang sudah meninggal yang pada waktu hari Bon tersebut menurut kepercaan orang sini, memiliki kesempatan pulang kerumah.

Namun bukan berarti perayaan ini penuh dengan lampion, (kalau pake lampion mungkin di negeri asalnya china) , pada umumnya mereka melakukan tarian yang disebut tarian Bon - Bon (Bon -Bon Odori) .

Tiap daerah memiliki ciri khas dalam penyelengaraan, gerakan maupun corak pakaian yang dikenakan ketika menari. Klo di kecamatan matsumoto sini biasanya orang2 menari berbaris tiap kelompok dijalan raya seperti karnval, dimulai dari jam 5.30 sore sampai jam 10.00 malam. Untuk desa nelayan mereka melakukannya dipantai di hiasi dengan api unggun, seperti yang pernah saya lihat di Yokohama.

Disamping itu, di Negara antah berantah ini juga meliburkan warganya dalam seminggu. Mungkin kalo di indonesia sama dengan liburan idhul fitri, semua orang dari kota mudik ke desa, berkumpul bersama keluarga, bersama-sama merayakan Obon.

Mungkin liburan obon ini bagi para pekerja di jepang yang disebut liburan musim panas, klo untuk anak sekolah liburannya lebih panjang lagi dari bulan Juli sampai september awal.

No comments: